Software Matematika ( CABRI II PLUS)
1. Aktifkan komputer/laptop, dan pastikan software CABRI 2D PLUS sudah terinstal.
2. Double klik icon . Sehingga muncul tampilan utama software CABRI 2D PLUS seperti gambar dibawah ini.
PRACTICE 1 : Langkah-langkah menggambar ELIPS.
1. Buat garis lurus pada area gambar, dengan perintah “Line”.
2.Beri nama titik pada line yang telah di buat, dengan perintah “Label”, arahkan cursor pada titik, lalu beri nama titik dengan nama “F1” (sebagai fokus 1).
3. Buat titik fokus ke dua di sebelah kanan titik fokus 1 (F1) pada garis lurus tadi, dengan perintah “Point on objek.
4. Beri nama titik dengan nama “F2” (sebagai fokus 2) dengan perintah “Label”.
5. Buat lingkaran dengan perintah “Circle” yang berpusat di titik “F1” dan berjari-jari lebih besar dari panjang |F1F2|.
6.Buat garis lurus melalui pusat lingkaran dan memotong lingkaran di titik A (beri label/nama titik “A” pada perpotongan garis dengan lingkaran).
7.Buat garis tegak lurus melalui titik tengah (garis sumbu) segment garis F2A dengan perintah “Perpendicular Bisector”.
8.Buat titik perptongan garis sumbu dengan segment garis F1A dan perpotongan garis sumbu dengan F2A, dengan perintah “Intersection Points”.
9.Beri nama titik-titik potong tersebut dengan nama titik “B” dan “C”.
10.Aktifkan jejak pergerakan titik “B” dengan perintah “Trace on/off”.
11.Sembunyikan titik C dan semua garis-garis yang telah dibuat kecuali garis yang melalui F1 dan F2 (garis sumbu Elips), dengan perintah “Hide/Show”.
12.Buat Segment garis F1B dan F2B dengan perintah “Segment”.
13.Ganti jenis garis menjadi garis putus-putus dengan perintah “Dotted” akan muncul jenis-jenis garis, pilih jenis garis putus-putus, lalu klik segmen garis F1B dan F2B.
14.Ukur panjang segment garis F1B dan F2B dengan perintah “Distance and Length”.
15.Salin panjang segment garis F1B dengan perintah “Calculate” à klik ukuran panjang F1B à klik “=” à arah kan cursor pada box hasil à klik cursor lalu tahan cursor à geser cursor pada bidang gambar. Maka akan muncul tulisan “Result= …” pada bidang gambar, Klik “pointer” à klik pada kata “Result= …” tersebut lalu ganti tulisan “Result=…” menjadi “F1B= ….”.
16.Lakukan seperti langkah 17 tetapi dengan segment garis F2B untuk menampilkan “F2B= …”.
17.Jumlahkan “F1B= …” dengan “F2B= … dengan mengklik kembali “calculator box” à klik “F1B= … à klik “+” à klik “F2B= … à klik “=” à pindah kan hasil penjumlahan ke bidang gambar seperti langkah 7.
18.Tampilkan Animasi, dengan perintah “Animation” à Klik titik A à Tahan à geser kursor ke kiri atau ke kanan à lepas kursor.
19.Maka titik B akan bergerak dengan meninggalkan jejak-jejak bidang datar berupa Elips, yang merupakan himpunanan titik-titik yang jumlah jarak titik tersebut dengan satu titik dan titik yang lainnya selalu tetap. (yaitu F1B + F2B = konstan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar